Wild Pokemonmasih dengan PALLET TOWN... kita lanjutkan ke tab "Wild Pokemon"
di aslinya hanya ada air... artinya Pokemon hanya dapat ditemui melalui SURF atau fishing...
mari kita edit pokemon dalam air itu...
pilih Water atau Fishing Rod...
sebagai contoh saya akan mengedit Water... di situ akan terlihat list pokemon yang muncul... serta range levelnya...
di situ kita edit jenis spesies, range level, dan encounter rate nya...
kalau sudah, pencet
Save di button sebelahnya...
====
Sampai di situ aman, selanjutnya...
map yang saya edit tadi ada grass areanya... padahal wild pokemon data untuk grass ndak ada... bagaimana ini...?
cara menambahkannya adalah... pencet
Expand... kemudian kasih centang pada
Grass...
kemudian pencet OK
selah itu akan muncul windows box baru... mulai dari sini... kita akan bermain offset address dan freespace pada di bagian sebelumnya... :s-dark:
sekarang buka Hex Viewer/Editor anda (saya prefer memakai VisualBoy)
buka address yang memiliki tempat kosong (lihat di bagian sebelumnya)
0x71A250 (untuk VisualBoy 0x871A250)
kemudian... klik salah satu tempat yang memiliki nilai FFFF diantara serentetan FFFF FFFF FFFF FFFF FFFF...
lihat
Current Address sebagai contoh adalah
0x0871A250kembali ke AdvanceMap... melnjutkan windows box baru tadi...
ketikkan $71A250 (hilangkan 0x08 di depan) pada Specify...
dan tekan REPOINT... selanjutnya tinggal edit pokemon di grass... dan Save... :gg:
untuk melihat apakah tidak salah writing ROM, coba lihat kembali address 0x71A250 (untuk VisualBoy 0x871A250)
jika sudah benar, nilai yang tadinya FFFF FFFF FFFF FFFF FFFF akan terisi dengan nilai lainnya tergantung kamu mengedit pokemonnya...
HeaderTab header ini untuk megedit berbagai macam informasi...
misalnya untuk mengedit nama map... kamu bisa memilih nama dari dropdown list... atau mengganti nama melalui
CHANGE NAME dengan mengetik nama baru diatasnya...
jika mengganti nama, sebisa mungkin jangan melebihi jumlah huruf (termasuk spasi) dari nama aslinya...
soalnya dika lebih, kamu harus repoint (mencari address space kosong seperti pada penambahan data wild pokemon sebelumnya)... :knife:
selain itu... kamu juga bisa mengganti cuaca atau music ketika dimainkan... :spark2:
kamu juga harus melakukan repoint jika mengubah demensi... (harus, karena data map semakin banyak)
INSERTING NEW MAPinserting ini dilakukan jika ingin menambahkan BANK dan MAP BANK baru (tidak sekedar mengedit saja)...
caranya
1. pilih
File-->Map-->Insert New Map2. lihat bagian
Create New Space, pilih New Bank, dan isikan berapa banyak reserved map yang anda butuhkan, dalam contoh saya isikan 10... dan tekan
Create and Insert3. Setelah itu, anda diminta untuk repoint... cari offset address yang kosong,
jangan sampai mengoverwrite data yang sudah terisi...
sebagai contoh melanjutkan dari sesi sebelumnya (sesi sebelumnya telah merepoint pada offset 0x71A250 (untuk VisualBoy 0x871A250), maka repoint kali ini adalah space kosong setelah offset itu
sebagai contoh yaitu offset address 0x71A2F0 (VisualBoy 0x0871A2F0) dan klik repoint
4. Setelah itu, anda diminta repoint lagi (ini bukan error, sebab memang repoint lebih dari 1 kali, hal-hal tertentu memang ada lebih dari 1 set data yang harus di write dalam rom) :s-dark:
reload rom pada VisualBoy (File-->Recent-->paling atas atau pencet CTRL+F1) agar memory ROM barusan kita repoint terefresh, dan centang
Automatic update pada Memory Viewer di VisualBoy
setelah itu repoint ke 2 (cara nya sama, jadi nanti kalau ada REPOINT lagi ndak usah dijelaskan lagi)
sekali lagi, ketika repoint jangan mengoverwrite data yang sudah terisi, kali ini offset address nya 0x71A3F0 (VisualBoy 0x0871A3F0) dan tekan repoint... :s-dark:
5. Kemuadian repoint repoint lagi (yang ke-3), caranya sama... reload rom dan cari tempat kosong berikutnya...
dalam contoh 0x71AA40, isikan dan tekan repoint...
6.Jika semua repoint sudah berhasil dilakukan, maka akan ada notifikasi bahwa map successfully registered, klik OK dan kemudian cek bank yang baru dibuat yaitu BANK 43
7. Sekarang data clone dari Paallet town ada di BANK 43.0 karena map yang terakhir di buka sebelum menambah map baru adalah BANK 3.0
anda bisa mengedit luas map BANK 43.0 pada tab "header" pada map demension... dan anda harus repoint...
sebagai contoh saya ganti witdh nya menjadi 40... dan pencet Change Demension... (demensi nya sebaiknya memiliki angka genap)...
Anda akan diminta repoint...
kali ini tempat kosong yang saya akan pakai pada offset 0x71AF30... tekan repoint...
8. lihat tab "map" di situ areanya tambah lebar, dan silahkan diedit sesuka hati... jangan lupa move permissonnya juga... :gg:
sebagai contoh... ini hasil editan map baru tadi (map bank 43.0)... :tuxedo:
oke... memang agak ribet untuk insert map pertama kali...
sedangkan untuk insert setelah itu mudah kok...
caranya...
1. Klik
Reserved Empty Map Data (43.1)... dan tekan create new map...
2. isikan lebar dan tinggi map yang akan dibuat, sebagai contoh saya isikan 20x20
kemudian pilih tileset... sebagai contoh saya akan membuat cave... saya isikan:
- Tileset 1 = 0 (general outside tileset)
- Tileset 2 = 15 (general cave tileset)
tileset bisa diganti tergantung kebutuhan anda...
3. Silahkan gambar map bebas yang anda inginkan, terus atur movement permisson dan jumlah event yang anda inginkan...
sebagai contoh... saya berikan 1 people dan 1 warp door... klik change event sesudah menyesuaikan jumlahnya...
4. Setelah selesai editing map, event, move permission... pilih
File-->Map-->Insert Mapkali ini pilih BANK 43 pada AVAILABLE SPACE dan pencet insert... (karena reserved bank sudah dibuat di awal tadi)...
setelah itu anda akan diminta repoint map baru itu... sebagai contoh offset 0x71B5C0 dan click repoint...
untuk anda, offset address bisa berbeda, cek tempat kosong sebenar-benarnya sebelum pencet repoint... :s-dark:
OKE... selesai... map 43.1 berhasil dimasukkan... :spark:
setelah itu anda bisa mengedit headernya...