IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar
Latest topics
» pokemon the movie 16 ending music
Wed May 21, 2014 5:54 am by Mystic Snivy

» Titlescreen Hacking (FIRE RED) Part 1= Charizard
Wed Feb 05, 2014 6:17 pm by Wisnu-X

» Tutorial Pokemon GBA Snakewood
Wed Feb 05, 2014 6:05 pm by Wisnu-X

» (Gba)Pokemon Shaun X
Sat Jan 25, 2014 11:51 am by Wisnu-X

» Pokemon Alpha Universe
Tue Jan 14, 2014 3:55 pm by Muhammad Syauqi Anjana

» Pokemon Reign Of Legends Bug Fix
Thu Jan 02, 2014 2:14 am by rifky182

» Pokemon Ruby 2012 Version [Version 2 RELEASED]
Mon Dec 23, 2013 10:32 am by padang panjang

» Pokedex BW
Fri Sep 13, 2013 2:14 am by Shiny Haxorus

» Beginner Tutorial
Sun Sep 08, 2013 1:13 pm by Shiny Haxorus

Affiliates
free forum

Share | 
 

 Tutorial scripting xse bagian 1

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
enggarthedemon
Administrator
Administrator


Jumlah posting : 209
Points : 3400
Join date : 12.09.12
Age : 19
Lokasi : lamongan

PostSubyek: Tutorial scripting xse bagian 1   Tue Oct 16, 2012 1:57 pm

Tutorial ini adalah scripting ehehe skali2 aq ajarin buat bikin dialog
Nah langsung saja

Saya sangat menyarankan penggunaan XSE karena:
Offset Dinamis
Tinggal masukin offset awal pencarian dan XSE bakal nyari offsetnya sendiri.
Lebih Banyak Command (Perintah)
Daripada make #raw 0x53 0x07, kita bisa tinggal nulis hidesprite 0x07.
HARAP KALO KALIAN PENGEN SERIUS BELAJAR SCRIPTING, BACA SEMUANYA YANG ADA DI SINI, JANGAN LONGKAP-LONGKAP.Disarankan sambil belajar di sini, kalian juga sambil scripting, latihan.
Ayo kita mulai BELAJAR SCRIPTING PAKE XSE!
PERSIAPANKita butuh:
> XSE
> AdvanceMap
> (opsional) FSF (Free Space Finder)
> Komputer/Laptop
> Keyboard
> Tangan (buat ngetik)
> Otak (kalo gak punya, nanti gak bakal ngerti tutorialnya)
Cara memasukkan script yang kitabuat:
Dan...
POINTERPointer, kayaknya ini tuh sama seperti Variable. Jadi kita bisa menggunakan nama apa aja buat pointer yang nantinya isi pointer itu dialamatkan dengan#org.
Contoh pointer:
--- Code: ---@pointer
@variable
@1
@pesan1
@pesannya
@kentang7888
@hasimini
@blablabla814
@tybantarnusa
@08098999
--- End code ---
Jadi bisa menggunakan huruf danangka. INGAT POINTER TIDAK BISA MENGGUNAKAN SPASI!
Jangan kayak: @aku sangat ganteng ; @yang baca jelek
SCRIPT PESANKita mulai dari pesan biasa yang biasa NPC gak penting ngomong.
--- Code: ---#dynamic 0x800000
#org @start
lock
faceplayer
msgbox @pesan 0x6
release
end
#org @pesan
= Hai.\nNama saya Thoyib.
--- End code ---
Penjelasan:
#dynamic 0x800000: Mencari offset kosong dimulai dari 800000,bisa berapa aja, cari pake FSF.
#org @start: Script dimulai.
lock: Mengunci event (orangnya) agar tidak bergerak.
faceplayer: Agar event (orang) yang kita ajak ngomong ngeliat kita.
msgbox @pesan 0x6: Menampilkan pesan, pesannya ada di pointer @pesan, tipe pesan0x6.
release: Event bisa bergerak lagi (melepaskan lock).
end: Script berakhir.
#org @pesan: Pointer @pesan isinya adalah...
= Hai.\nNama saya Thoyib.: Isi pointer @pesan.
Nanti pesannya akan seperti ini:
PENJELASAN \HURUFKan tadi di pointer @pesan ada huruf \n (Hai.\nNama saya Thoyib.).
Itu ada maksudnya.
Ada apa aja, ini:
--- Quote ---\c
\h
\n
\l
\p
\v
--- End quote ---
Kita mulai:
\c = Color.
Ini:
--- Quote ---\c\h01\h02Kamu menerima Pokémon!
--- End quote ---
Maka pesannya akan berwarna hitam.
Tapi XSE bisa lebih mudah lagi, karena ada bahasa manusia, dan gak usah pake \c lagi. Berikut:
Putih - [white_fr]
Hitam - [black_fr]
Abu-abu - [grey_fr]
Merah - [red_fr]
Jingga - [orange_fr]
Hijau - [green_fr]
Hijau Muda - [lightgreen_fr]
Biru - [blue_fr]
Biru Muda - [lightblue_fr]
Biru Muda 2 - [lightblue2_fr]
Biru Cyan - [cyan_fr]
Biru Muda 3 - [lightblue3_fr]
Biru Navy - [navyblue_fr]
Biru Navy Gelap - [darknavyblue_fr] Transparan - [transp_rs]
Abu-abu Gelap - [darkgrey_rs]
Merah - [red_rs]
Hijau Muda - [lightgreen_rs]
Biru - [blue_rs]
Kuning - [yellow_rs]
Biru Cyan - [cyan_rs]
Magenta - [magenta_rs]
Abu-abu - [grey_rs]
Hitam - [black_rs]
Abu-abu Terang - [lightgrey_rs]
Putih - [white_rs]
Biru Langit - [skyblue_rs]
Biru Langit Gelap - [darkskyblue_rs] Putih - [white_em]
Abu-abu Gelap - [darkgrey_em]
Abu-abu - [grey_em]
Merah - [red_em]
Jingga - [orange_em]
Hijau - [green_em]
Hijau Muda - [lightgreen_em]
Biru - [blue_em]
Biru Muda - [lightblue_em]
Putih 4 - [white4_em]
Hijau Lime - [limegreen_em]
Aqua - [aqua_em]
Navy - [navy_em]Makenya:
--- Quote ---[skyblue_rs]Teks warna biru.\n[red_rs]Teks jadi warna merah.
--- End quote ---
\h = Penulisan karakter huruf dengan angka heksadesimal.
Contoh:
--- Quote ---Ini, saya kasih\hB75000!
--- End quote ---
B7 itu hasilnya jadi mata uang Pokémon (P dicoret).
Maka hasilnya di game adalah:
Berikut daftar nilai heksadesimalnya:
--- Code: --- 00=
01=À
02=Á
03=Â
04=Ç
05=È
06=É
07=Ê
08=Ë
09=Ì
0B=Î
0C=Ï
0D=Ò
0E=Ó
0F=Ô
10=Æ
11=Ù
12=Ú
13=Û
14=Ñ
15=ß
16=à
17=á
19=ç
1A=è
1B=é
1C=ê
1D=ë
1E=ì
20=î
21=ï
22=ò
23=ó
24=ô
25=æ
26=ù
27=ú
28=û
29=ñ
2A=º
2B=ª
2C=·
2D=&
2E=+
34=[Lv]
35==
36=;
51=¿
52=¡
53=[PK]
54=[MN]
55=[PO]
56=[Ke]
57=[BL]
58=[OC]
59=[K]
5A=Í
5B=%
5C=(
5D=)
68=â
6F=í
79=[u]
7A=[D]
7B=[L]
7C=[R]
A1=0
A2=1
A3=2
A4=3
A5=4
A6=5
A7=6
A8=7
A9=8
AA=9
AB=!
AC=?
AD=.
AE=-
AF=·
B0=[...]
B1="
B2=["]
B3='
B4=[']
B5=[m]
B6=[f]
B7=$
B8=,
B9=[x]
BA=/
BB=A
BC=B
BD=C
BE=D
BF=E
C0=F
C1=G
C2=H
C3=I
C4=J
C5=K
C6=L
C7=M
C8=N
C9=O
CA=P
CB=Q
CC=R
CD=S
CE=T
CF=U
D0=V
D1=W
D2=X
D3=Y
D4=Z
D5=a
D6=b
D7=c
D8=d
D9=e
DA=f
DB=g
DC=h
DD=i
DE=j
DF=k
E0=l
E1=m
E2=n
E3=o
E4=p
E5=q
E6=r
E7=s
E8=t
E9=u
EA=v
EB=w
EC=x
ED=y
EE=z
EF=[>]
F0=:
F1=Ä
F2=Ö
F3=Ü
F4=ä
F5=ö
F6=ü
F7=[u]
F8=[d]
F9=[l]
FA=\l
FB=\p
FC=\c
FD=\v
FE=\n
FF=\x
--- End code ---
Bisa juga pake Tools > Text Adjuster, ketik, "Convert", copas deh...
\n = Baris baru.
--- Quote ---Aku cinta kamu.\nKamu mau jadi pacar aku?
--- End quote ---
Hasilnya:
--- Quote ---Aku cinta kamu.
Kamu mau jadi pacar aku?
--- End quote ---
\l = Baris baru lagi setelah \n digunakan

Untuk part 2 besok aja ya xd

_________________
im is trololololo guys







[You must be registered and logged in to see this link.]


Enggar Arek Ploso

Buat Lencana Anda

add fb saya
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://enggararekplozo.mywapblog.com
Shiny Zoroark96
Administrator
Administrator


Jumlah posting : 307
Points : 3678
Join date : 24.08.12
Age : 4
Lokasi : Pekanbaru, Riau

PostSubyek: Re: Tutorial scripting xse bagian 1   Sun Nov 04, 2012 6:34 pm

Kalau aku saranin sih, lebih baik dirapikankan lagi topik ini dan juga ditambah media gambar supaya para newbie bisa mengerti, thanks sebelumnya.

_________________
Pokemon Ruby 2012 Version Released!!!!


[You must be registered and logged in to see this link.]
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://pokendo.indonesianforum.net
enggarthedemon
Administrator
Administrator


Jumlah posting : 209
Points : 3400
Join date : 12.09.12
Age : 19
Lokasi : lamongan

PostSubyek: Re: Tutorial scripting xse bagian 1   Tue Nov 06, 2012 7:49 pm

Oke besok gw ralat and gw kasih videonya

_________________
im is trololololo guys







[You must be registered and logged in to see this link.]


Enggar Arek Ploso

Buat Lencana Anda

add fb saya
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://enggararekplozo.mywapblog.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tutorial scripting xse bagian 1   Today at 8:06 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Tutorial scripting xse bagian 1
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Pengen Modif bagian steer seperti ZX-6 R
» motor bagian depan ada bunyi cit...cit...cit... padahal baru ganti kampas
» ask bunyi gesekan seperti besi aus d front wheel (bagian depan)
» Tutorial Gear Design ?
» Tutorial Design Menggunakan Photoshop

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Pokémon Hacking :: Hacking Tutorial-
Navigasi: